Ancaman Persalinan Prematur

Dok saya mau tanya,saat ini saya sedang hamil anak pertama dengan usia kandungan 28 minggu 3 hari
saya ada riwayat abortus 2x.
2 hari yang lalu saya kontraksi lalu saya kerumah sakit dan diperiksa oleh bidan (sehubungan sudah tengah malam jadi tidak ada dokter) dicek dalam dan ternyata menurut bidan mulut rahim saya sudah melunak dan rahim sudah ada pembukaan,bagian vagina saya pun terasa penuh seperti orang menahan buang air kecil.
yang ingin saya tanyakan.
1.Apakah maksud dari pernyataan bidan tersebut?apakah maksudnya janin saya akan lahir?
2.Apakah ada kaitannya dengan rahim saya yang retroflexi sehingga rahim mudah membuka?
3.Apakah saya masih bisa melahirkan pada waktu yang semestinya dok? (37-40 minggu)
4.cairan yang keluar dari vagina semakin banyak,seperti keputihan apakah itu air ketuban?

terima kasih dokter

Terimakasih atas pertanyaannya…

1. maksudnya ada kemungkinan bisa terjadi persalinan prematur jika tidak dihilangkan kontraksinya, dgn obat, istirahat total bedrest
2. tidak berhubungan dgn rahim yg retrofleksi
3. kemungkinan masih bisa, segera konsultasikan ke dokter kandungan saja
4. belum tentu, mesti harus dilakukan penilaian langsung, dan dgn tes lakmus utk menentukan itu air ketuban atau bukan

This entry was posted in b. Trimester Kedua. Bookmark the permalink.

Leave a comment