SILAHKAN KLIK KE BLOG KAMI YG BARU….

Bunda sekalian, silakan klik ke blog kami yg baru di http://tanyadokterspog.com … Di web yg baru, anda akan mendptkan informasi yg lebih lengkap, berikut ada forum diskusi, dan juga kalkulator kehamilan

Posted in Kategori utama | Leave a comment

Selamat Datang di TanyaDokterSpOG.com

Blog tanyadokterspog.com adalah media komunikasi untuk memenuhi kebutuhan anda akan komunikasi interaktif mengenai semua pertanyaan-pertanyaan yang terkadang terlewatkan saat konsultasi dengan dokter kandungan anda….

Silakan ajukan pertanyaan-pertanyaan anda via web forum kami, e-mail, ataupun dari halaman facebook dan akun twitter @tanyadokterspog. Untuk konsultasi secara langsung, silakan hubungi saya untuk waktu perjanjian konsultasi..

Blog ini bertujuan untuk berbagi ilmu, serta sebagai wadah edukasi kesehatan wanita…


Posted in Kategori utama | Tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , | 6 Comments

Anemia dalam kehamilan.. Berbahayakah?

dok, sebenarnya apa efek samping dr hb yg rendah (sktr 10) bagi ibu hamil?
dan apakah kehamilan pertama di usia lebih dr 30 th termasuk beresiko tinggi dok?

Halo bunda,
Anemia/ Hb rendah adalah kondisi yg umum terjadi pada ibu hamil. Rata2 ibu hamil selama kehamilan nya akan mengalami anemia, disebabkan oleh pemakaian bersama darah bunda utk tubuh bunda dan utk perkembangan rahim dan kehamilannya.. Maka dari itulah bumil diwajibkan mengkonsumsi vitamin ibu hamil, yg selain berisi asam folat yg berguna utk perkembangan otak, juga mengandung zat besi sebagai bahan pembentuk sel darah merah. Rata2 bumil memang Hb berkisar 10 bun…

Jika Hb ibu hamil dibawah 10, maka memang perlu tambahan zat besi, bisa dengan penambahan secara infus, atau dengan vitamin zat besi, karena anemia berat bisa mengganggu kelancaran aliran darah ke kandungan, yang berakibat pada terhambatnya pertumbuhan janin.

Kehamilan di usia 30 masih aman bun, mulai berisiko jika hamil diatas usia 35 tahun, karena terjadi peningkatan risiko kejadian preeklamsia/tekanan darah tinggi, perdarahan pasca persalinan, dan meningkatnya risiko kelainan kongenital janin.

Posted in a. Trimester Pertama | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Bolehkah minum obat batuk, pilek dan demam?

Pagi dokter, saat ini kehamilan saya menginjak usia hamil 20 minggu. Keluhan yang paling sering rasakan beberapa hari ini adalah batuk, pilek dan demam. Bolehkah saya minum obat untuk menghilangkan batuk, pilek, maupun demam ini?

Kondisi kehamilan memerlukan banyak energi, baik untuk metabolisme ibu hamil itu sendiri, untuk perkembangan dan pertumbuhan janin. Maka dari itu, daya tahan bumil memang lebih rentan daripada wanita tdk hamil. Dalam kondisi ini, bumil lebih mudah terserang penyakit, baik dari virus atau bakteri. Paling sering akan terjadi serangan infeksi ringan di saluran pernafasan atas (ISPA) berupa batuk, pilek, bisa juga terserang bakteri lain yang menyebabkan demam. Jika daya tahan tubuh bumil terjaga maka kondisi diatas jarang terjadi. Biasakan konsumsi vitamin ibu hamilnya dengan rutin, susu ibu hamil, konsumsi vitamin C dan E untuk peningkatan daya tahan tubuh, dan cukup istirahat. Jika sudah terlanjur terkena batuk pilek demam, boleh diberikan paracetamol sebagai anti demam yang aman, dan banyak minum unntuk mengganti cairan tubuh. Untuk batuk pilek, sebisa mungkin konsumsi vitamin C, istirahat, dan jika batuknya berlebihan boleh diberikan Obat Batuk Hitam. Biasakan jangan membeli obat sendiri di warung/apotik tanpa resep dokter, karena beberapa obat batuk pilek mengandung penenang yang bisa berefek pada janin anda.

Posted in b. Trimester Kedua | Tagged , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Di perut saya muncul garis-garis stretch mark… Bagaimana mengatasinya?

Pagi dok, saya saat ini hamil 32w, dan saya perhatikan di sebelah samping perut saya dan beberapa bagian di paha saya ada garis-garis gelap, yang sangat mengganggu kepercayaan diri saya.. Apakah ini yang disebut stretchmark? Bisakah dihilangkan, ataukah akan hilang sendiri jika saya sudah melahirkan? terimakasih

Stretch mark adalah gurat2 yang muncul biasanya di sekeliling perut, dan bagian tubuh yg lain, yang terjadi akibat regangan kulit karena pertambahan berat badan dan pertambahan besar ukuran perut, warnanya bisa sama dengan kulit, bisa juga lebih gelap. Kondisi ini normal terjadi selama kehamilan. Untuk mencegahnya, saat ini sudah banyak beredar krim pencegah strtech mark, biasanya berbahan dasar cocoa dan shea butter yang berfungsi meningkatkan kelembaban kulit, sehingga kulit menjai lebih fleksibel dan elastis. Pada kondisi yang sudah terlanjur terjadi stretch mark, lotion ini juga bisa membantu menyamarkan warna stretch mark meskipun tdk bisa hilang seluruhnya. Selain itu anda juga harus cukup cairan tubuh untuk menjaga elastisitas kulit anda

Posted in c. Trimester Ketiga | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Apakah keputihan dan virus TORCH bikin sulit hamil?

Dok, saya sudah menikah hampir 2 tahun agustus 2010 tapi sekarang belum hamil lagi. dulu saya pernah hamil tapi mengalami keguguran di usia 2 bulan pada oktober 2010. setelah melakukan TORCH pada oktober 2011 terdeteksi Toxoplasma dan anti-rubella igM saya positif. selain itu, saya juga punya keputihan karena jamur. sampe sekarang saya belum lagi konsultasi atau berobat ke dokter. karena, utk menghilangkan keputihan pun sepertinya susah sekali, saya sudah beberapa kali diberi anti biotik tapi masih tetap ada. sekarang saya sudah berhenti obat utk keputihan saya. sedangkan untuk terapi pngobatan toxoplasma saya belum pernah melakukan sekalipun dok. apa yg harus saya lakukan dok? mohon penjelasannya

Toxoplasma dan rubella dgn IgM positif memang bisa menyebabkan keguguran bun, namun tidak berhubungan dgn sulit hamil, ataupun keguguran berulang, karena biasanya setelah sembuh, timbul imunitas sehingga IgGnya positif dan IgMnya negatif. Tapi sebaiknya diperiksa dulu sebelum memutuskan utk pengen hamil, karena anda belum pernah diberikan terapi utk torch ini..

Utk keputihan, sebaiknya diperiksakan secara lebih detil, yaitu dengan pemeriksaan pengambilan sampel keputihan oleh dokter kemudian diperiksakan ke lab supaya ketahuan apa penyebabnya, sehingga bisa dicari obat yg sesuai. Selain itu perlu juga dijaga kebersihan organ intim anda, mulai dr kebersihan celana dalam, dan pastikan punya suami juga bersih, jangan biasakan pakai pantyliner karena akan menambah lembab kondisi vagina, mending bawa serep celdam aja..

Keputihan yg berkelanjutan, bisa menyebabkan infeksinya menyebar naik ke organ kandungan dalam, dan bisa aja menyebabkan sumbatan dari saluran telur. Jika terjadi sumbatan, maka sperma akan kesulitan utk mencapai ke indung telur utk bisa melakukan pembuahan

Posted in a. Infertilitas / Sulit Hamil | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

Apakah saya keguguran?

slmt sore dokter, dokter saya terakhir menstruasi tgl 19 mei, tgl 17 juni saya test pack hsilnya positif, hari sabtu kemarentgl 7 juli keluar darah banyak 3 pembalut penuh nyeri perut bawah seperti menstruasi, keesokan harinya sampai sekarang bercak darah. bagaimana keadaan kehamilan saya dokter, saya khawatir apa saya keguguran

perdarahan saat hamil muda memang merupakan tanda awal ancaman keguguran, jadi sebaiknya anda harus segera memeriksakannya ke dokter kandungan, untuk memastikan apakah kehamilan anda masih bisa dipertahankan atau tidak. Jika hanya darah saja yg keluar, tanpa ada jaringan seperti janin atau plasenta yg keluar, maka masih ada kemungkinan untuk mempertahankan kehamilannya.

Jika setelah diperiksaka, kondisi kehamilannya masih bisa dipertahankan, maka dokter akan memberikan obat utk penguat kandungan, dan biasanya anda akan disarankan untuk istirahat total, dan sebaiknya hindari dulu aktifitas berlebih dan hubungan seksual

Posted in a. Trimester Pertama | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

Apakah ibu hamil boleh berpuasa?

dok, Apa boleh ibu hamil itu puasa di umur kehamilan masih trisemester 1? bagaimana hukumnya dari segi kesehatan? Tks

Tidak apa-apa bun, silakan aja dilanjutkan puasanya… Yg penting asupan cairan dan makanannya masih cukup. Caranya adalah banyak ngemil dan minum pada jam2 yg tidak puasa, yaitu setelah buka dan sampai saat sahur. Jadi bisa aja makannya tetap 3 kali sehari kan… Dinikmati aja bun.. dan jangan lupa vitaminnya harus tetap..
Namun jika bunda takut dengan kondisi kehamilannya akan kurang baik, atau memang kondisinya tdk sedang fit, dalam Islam tdk diwajibkan utk berpuasa bagi ibu hamil dan menyusui, bisa diganti dgn fidyah

Posted in a. Trimester Pertama | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Janin saya dalam posisi sungsang.. Apa yg harus diperhatikan?

Dok usia kehamilan saya 16 minggu menuju 17 minggu. Saya habis USG 2D dan kata dokter saya posisi bayi saya lagi sungsang. Yang ingin saya ketahui dok yang dimaksud posisi sungsang itu detailnya maksudnya apa? Apa yang menyebabkan posisi sungsang? Apakah salah satunya bisa dari salah posisi tidur? Dan apakah posisinya nanti bisa kembali normal? Posisi sungsang mempengaruhi proses kelahiran nanti tidak dok? Terima kasih…

Posisi sungsang artinya kepala janin ada diatas, pantatnya ada di bawah. Normalnya kepala di bawah, pantat di atas. Tp utk usia segini, janin kan masih kecil dan masih mudah berputar kesana kemari, jadi saya pikir belum perlu kawatir masalah posisi janin pada usia sekarang ini.. Posisi kepala ke bawah biasanya mulai diatas 24 minggu..

Penyebabnya macam2, bisa aja karena terlilit tali pusat, ada kelainan bentuk rahim, riwayat anak banyak, dll.

Jika sampai bulannya, posisi janin masih sungsang, memang akan bisa menimbulkan masalah saat persalinan, karena saat kaki dan badan keluar duluan, kepala janin yg cenderung lebih besar bisa nyangkut dan tdk mau keluar.. Sehingga dokter pasti akan memilih jalan terbaik utk melahirkan janin jika kondisinya seperti ini

Namun kembali lagi, usia hamil anda masih sangat muda, sehingga janinnya masi terlalu kecil dan masih sangat bisa berputar kesana sini, jadi tenang aja, kontrol lagi aja bulan depan dan yg teratur. Rajin senam hamil dan posisi sujud/nungging.. Posisi tidur tdk menyebabkan janin menjadi sungsang

Posted in b. Trimester Kedua | Tagged , , , , , , , , , , | Leave a comment

Lepas KB suntik, tapi masih belum haid… Apakah bisa hamil?

Siang dokter,
Dokter, saya mau tanya. Setelah melahirkan dan selesai masa nifas saya menggunakan suntik KB 3 bulan, karena saya harus menyusui. selama menggunakan suntik kB saya tidak hjadi sama sekali sampai sekarang( saya suntik KB pertama Maret 2010). setelah saya selasai masa menyusui, berat badan saya naik, akhirnya minggu kemarin saya putuskan untuk menghentikan menggunakan KB suntik. Apakah bisa terjadi pembuahan bila belum terjadi haid? apa pembuahan setelah lepas suntik KB terjadi setelah haid datang?mohon jawabannya dokter. terima kasih.

Ya, pilihan utk melakukan KB suntik 3 bulan karena sedang menyusui memang paling tepat, karena kandungan progesteron dari KB suntik 3 bulan tdk mengganggu produksi air susu ibu, sedangkan pil KB dan suntik 1bulan mengandung estrogen yg bisa mempengaruhi produksi ASI.

Suntik KB 3 bulan memiliki efek samping tidak haid. ASI eksklusif yg anda lakukan pun akan memicu terjadi penghentian haid (amenorea laktasi). Sehingga dalam keadaan ASI ditambah suntik KB 3bulan, kondisi tidak haid ini menjadi keadaan yg wajar.

Setelah selesai menyusui dan menghentikan suntikan KB, siklus haid tdk serta merta langsung kembali normal, sehingga sangat sulit untuk menilai apakah anda sedang dlm masa subur atau tidak. Jadi bisa aja terjadi pembuahan, selama tdk ada proteksi lagi dari KB. Saran saya jika ingin stop suntik KB namun belum pengen hamil, carilah kontrasepsi lain yang non hormonal, seperti IUD/spiral atau kondom

Posted in c. Kontrasepsi / Keluarga Berencana | Tagged , , , , , , , , , , , , , | 2 Comments

Kapan harus tes kehamilan? Gimana ngitungnya?

Selamat malam, Dok. Saya menikah tgl 17 Juni 2012 lalu, dan mengalami haid terakhir pada tanggal 10 Juni (hari pertama). Terakhir kali saya berhubungan dengan suami pada tanggal 23 Juni, setelah itu kami berpisah karena suami saya harus bertugas di kota yang lain.

Bila sekarang saya melakukan test pack, apakah test pack sudah bisa menunjukkan hasilnya secara akurat Dok? Bila hasilnya positif, berarti sudah berapa usia kehamilan/janin saya? apakan saya terlambat mendeteksinya? karena saya tidak ingin kehilangan minggu-minggu pertama dimana pembentukan janin juga sangat vital.

Saya pribadi, belum merasakan adanya tanda2 kehamilan seperti morning sickness, perubahan bentuk tubuh, dll. pada usia kehamilan berapa biasanya tanda2 itu muncul Dok? maaf ya Dok kalau pertanyaannya terlalu banyak, tapi mohon dijawab ya Dok. terima kasih banyak, Dok. Sukses selalu.🙂

Tes pack sudah bisa positif 1-2 minggu setelah pembuahan yg berhasil. Paling enak tuh tes pack kalo udah terlambat haid.. Jadi anda tdk perlu buru2 tes pack. Jika sudah terlambat haid, dan di tes pack positif, maka 97% hasilnya adalah benar hamil. Untuk memastikan kehamilannya normal, pastikan dengan USG sebulan kemudian.

Hamil ataupun tidak hamil, persiapan kehamilan seharusnya sudah dilakukan 2 bulan sebelumnya, yaitu dengan konsumsi asam folat dan multivitamin, jadi anda tidak akan kehilangan minggu2 pertama tanpa asupan nutrisi.

Secara medis, menghitung usia gestasi adalah dari Hari Pertama Haid yg Terakhir, jadi pd kasus anda jika tes nya positif, maka hitungan usia gestasi adalah dari tgl 10 Juni. Kenapa tdk bisa dihitung dari masa pembuahan? Karena anda tdk akan bisa tahu kapan tanggal persisnya sperma suami yg berhasil menembus sel telur yang menyebabkan terjadinya pembuahan, apalagi pada kasus pengantin baru yg biasanya hub sex nya sering (bisa tiap hari) hehe…

Tanda2 awal kehamilan akan muncul begitu hormon bHCG mulai meningkat drastis, biasanya diatas 1-2bulan kehamilan, seperti mual muntah, perubahan emosional, dll

Posted in a. Trimester Pertama | Tagged , , , , , , , , , , , | Leave a comment