Hubungi saya

Saya dapat ditemui di rumah sakit-rumah sakit berikut pada jam praktek saya :

– RSUP Persahabatan Rawamangun Jakarta Timur, saya disana tiap hari jam kerja 08.00-15.00

– RSU Permata Cibubur, waktu konsultasi di hari Rabu, Kamis dan Minggu jam 16.00-18.00

– RSU Mary Cileungsi Hijau, waktu konsultasi di hari Selasa jam 16.00-18.00 dan hari Sabtu jam 19.00-21.00

Email : psenoaji@tanyadokterspog.com

http://www.facebook.com/tanyadokterspog

http://www.twitter.com/tanyadokterspog

Untuk forum komunikasi seputar tanya jawab kehamilan dan penyakit kandungan, bisa kunjungi web forum kami di http://tanyadokterspog.forumid.net

41 Responses to Hubungi saya

  1. desy sari adiyanti says:

    dok, apakah hubungan antara makanan pedas dan kesuburan, apakah mitos pedas membawa pengaruh bagi kesuburan itu benar?dan makanan apa saja yang wajib tidak bisa ditawar, untuk dihindari jika saya ingin hamil ?

    • psenoaji says:

      Tidak ada pengaruh makanan pedas terhadap kesuburan ataupun kehamilan bun.. jadi tidak perlu kawatir.. Dan juga tidak ada makanan khusus yg harus dihindari. Pemberian vitamin E (banyak di tauge/kecambah) memang dinyatakan memiliki pengaruh positif untuk kualitas sperma dan sel telur, silakan utk dikonsumsi

  2. Eka says:

    Hallo dok,,
    mau tNya2 nech,,, saya sudah 2x diKured krna mngalami keguguran,,
    sya dkuRed pd tgl: 15 agustus 2011 kmren,, sya tdak kB tp smPek 2blan sya bLum jg hmil lgi,,
    yg mau sya tNyakan apkah bnar klu prnah dikuRed 2x bsa sulIt hamil lg??
    Apkah obat volafit bsa mmBantU mnyUburkan kndunGan??
    Mohon bntuan infonya ya doK,,
    terIma kasiH maaf klU kt2nya agak ribet..😀

    • psenoaji says:

      Jika terjadi keguguran berulang, sebaiknya cek lengkap ke dokter kandungan sebelum memutuskan utk hamil lagi. Prinsipnya setelah keguguran itu masih bisa hamil lagi. Vitamin fola*it tersebut berisi asam folat untuk persiapan kehamilan

  3. nita says:

    Halo dokter,
    Saya mengalami kematian mudigah pada usia kehamilan 8W1D tapi baru terdeteksi pada 11W, dan saya kuretase pada 12W (10 Nov 11). Yang saya tanyakan apa saja penyebab dari kematian mudigah itu?
    APakah salah satunya bisa virus TORCH?
    Karena TOXO IGG positif dengan nilai 7
    Dan suami Rubella IGG bernilai 50an (saat itu).
    kalau dari pernyataan dokter saya IGG tidak berpengaruh dan gpp hamil? klo begitu kenapa bayi saya tidak berkembang?
    mohon penjelasannya🙂

    Terima Kasih dok

    • psenoaji says:

      Halo, mohon maaf nih lama baru diapprove comment-nya…
      Kondisi kehamilan dgn kematian mudigah paling sering disebabkan oleh kelainan kongenital berat pada janin, biasanya yg jadi sumber masalahnya adalah abnormalitas kromosom, bisa dari kualitas sperma atau dari sel telur…
      TORCH bukan sebagai penyebab keguguran atau kematian mudigah bun… lagipula IgG bukan menunjukkan bahwa anda sedang terinfeksi… IgG menunjukkan bahwa anda pernah terinfeksi TORCH di masa lampau dan sudah ada imunitas/daya tahan. Infeksi TORCH yg aktif ditandai dgn adanya IGM yg positif

      • nita says:

        Makasi ya dok sudah dijawab, tapi mw nyambung tanya lg. Itu biasanya apa penyebab sel telur n sperma yg tdk baik yg menyebabkan kelainan kongenital? Apa krn konsumsi makanan atw dlm kondisi lelah saat berhubungan? Apa saja yg harus dilakukan agar sel telur n sperma kita baik?
        Makasi bnyk sblmnya ya dok🙂

  4. hidayat says:

    dok punten saya ijin add YM dan pin BB nya ya dok mau konsultasi kalo dokter ada waktu,,,
    terima kasih banget dok…

  5. rindy says:

    selamat siang dokter,

    Dok saya mau tanya,saat ini saya sedang hamil anak pertama dengan usia kandungan 28 minggu 3 hari
    saya ada riwayat abortus 2x.
    2 hari yang lalu saya kontraksi lalu saya kerumah sakit dan diperiksa oleh bidan (sehubungan sudah tengah malam jadi tidak ada dokter) dicek dalam dan ternyata menurut bidan mulut rahim saya sudah melunak dan rahim sudah ada pembukaan,bagian vagina saya pun terasa penuh seperti orang menahan buang air kecil.
    yang ingin saya tanyakan.
    1.Apakah maksud dari pernyataan bidan tersebut?apakah maksudnya janin saya akan lahir?
    2.Apakah ada kaitannya dengan rahim saya yang retroflexi sehingga rahim mudah membuka?
    3.Apakah saya masih bisa melahirkan pada waktu yang semestinya dok? (37-40 minggu)
    4.cairan yang keluar dari vagina semakin banyak,seperti keputihan apakah itu air ketuban?

    terima kasih dokter

    • psenoaji says:

      Terimakasih atas pertanyaannya, sori lama ga jawabnya hehe…

      1. maksudnya ada kemungkinan bisa terjadi persalinan prematur jika tidak dihilangkan kontraksinya, dgn obat, istirahat total bedrest
      2. tidak berhubungan dgn rahim yg retrofleksi
      3. kemungkinan masih bisa, segera konsultasikan ke dokter kandungan saja
      4. belum tentu, mesti harus dilakukan penilaian langsung, dan dgn tes lakmus utk menentukan itu air ketuban atau bukan

  6. eva says:

    halo dokter…
    Tgl 30 januari kmrn cabut gigi graham. dan ke esokan harinya saya TP dan hasilnya +.
    USG pertama tgl 29 februari dan dokter mengatakan kl janin ga berkembang dan tdk ada detak jantung (6w6d). disarankan tgl 7 mret utk kuret. saya hanya diberi vitonal F. tp saya saya msh mencari opnini dari dokter lain. Mohon pencerahannya ya dok…sblmnya mksh ^^

    • psenoaji says:

      Ulang aja pemeriksaan lagi 2minggu kemudian, klo memang tdk ada denyut jantungnya, artinya memang janinnya tdk berkembang bun. Namun tdk berhubungan dgn riwayat cabut gigi ya… 70% penyebab kehamilan tak berkembang/keguguran di 10 mgg pertama adalah kelainan genetik dr janin

  7. assyifa says:

    Dok, setelah persalinan saluran buang air kecil turun hingga keluar menutup mulut organ kwanitaan.rasanya nyeri dan tidak nyaman,hal ini membuat tidak bisa untuk hubungan suami,sudah melakukan gerakan seperti menahan buang air kecil,seperti saran dokter yg membantu persalinan,juga dipijat tapi tidak ada perubahan.Bagaimana solusinya ya Dok?apa ada salep yg digunakan untuk memasukanya? atau ada obatnya dok?mohon infonya Dok

    Terimakasih
    assyifa

  8. Dieni says:

    Salam dok,

    tgl haidh saya bln januari tgl 7,bln feb tgl 4,krn sya mdrta kpthan,sy smpat minum obt hrbl stlh sy brsh dr haidh,tp 2hr stlh slsai haidh mlah keluar coklat2 hng9a 10hr.
    Stlh tu tgl 1maret keluar lg coklat2,yg sya kira haidh.
    Namun brlnjt hng9a 12hr(biasanya 8hr),2hr trakhr sdah hmpir brsh,tp keesokannya mlah keluar darah yg agk bnyk (14maret),
    hr jmat 16mret,sy k dktr untk menanyakan perhal drah tsb,pas d usg perut ktanya rhm sy m’bsar dan sy dminta untk tes urin,trnyta hsl tes postf dan mnytakan bhw darah sy adlh pndrahn.
    Sy khwtr,sy tnya tntg pndrhan tsb,tp kta bliau pndrhan ni ga apa2.Sy cm dksh progeston dan inlacta dha.
    Dan smpai skrg darah sdah jrang keluar,namun kdang kluar brcak coklat,kdang tdk ad.
    Yg sy mau tnyakan,apkh kndungan sy msh ad hrapan?
    Oia dkter tsb blng,bhwa khmlan sy belum bisa dtntukan usianya krn msh smar dan blum trlhat kntung khmlan,,suruh blik lg 2pkan lg.
    cm skrg saya khwtr dan cemas,,bgamana ya dok?
    Dan apa fngsi obt2 tsb?Adakah efk smpingx?

  9. pipit says:

    Dok..
    Saya ♍ɑ̤̥̈̊ΰ tanya, kalau keluar flek sampai lebih dari 2 H∂ѓї apakah bermasalah dok pada kehamilan 2 minggu??
    Apakah itu berpengaruh pada kehamilan dok??

  10. berlian debora says:

    DOK, besok ada jadwal di rs mary tidak jam berapa? sy mau konsultasi bersama suami, trimaksih

  11. Fierde D. says:

    Dok ..
    Istri Saya hamil 7 minggu, namun sayang janin tidak berkembang dan ada kemungkinan keluar pada saat menstruasi berikutnya (saat ini belum keluar), namun Saya heran jika dihitung sekarang (kehamilan 8 minggu) kenapa ada keluar cairan putih seperti susu dari kedua putingnya yah ? ..
    Normalkah itu dok ? hal ini terjadi saat berhubungan intim …
    mohon penjelasannya Dok ..
    Terimakasih.

  12. Marita says:

    Selamat siang dokter,
    Mohon infonya, apakah ada obat untuk mengecilkan miom, karena saya tidak mau dioperasi.
    FYI, miom saya sebesar 6,8 cm. Haid normal dan teratur. Sudah punya 2 anak melalui persalinan normal. Terima kasih.

    Salam,
    Marita

  13. riez_q says:

    dok, mw nanya
    hr ni usia khamiln saya 9minggu.
    aktifitas hr ni ga banyak, dok..cm 1x naik turun tangga aja. tp knp ada flek y dok? ni dah flek kedua yg saya alami. sedikit n coklat. flek pertama saya justru pas saya d rumah n byk istirahat.
    knp y, dok? saya dah cek k dokter, n dah d cek polipnya..katanya bersih..pkembangan janinnya jg baik, kt nya..
    mohon pcerahnnya, dok..
    tq..

    • psenoaji says:

      Flek/bercak darah saat kehamilan muda merupakan tanda awal ancaman keguguran, bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti penyakit kelainan darah, kelainan janin, kecapekan, kelainan rahim, trauma jatuh dll.. Jika perkembangan janin normal, maka istirahat lah yg cukup dan minum obat yg diberikan dokternya. Evaluasi ulang 1bulan lagi

  14. dwi ani s says:

    Dok;..kehamilan pertama saya dituba jd opersi skg sya hnya pnya 1 saluran tuba; khamilan ke2 saya kguguran awalnya flek kmd pendarahan kata dkter janin tdk brkmbang;ini hamil ke3 usia 5 minggu kmrn pas pipis ada serabut darah dan gumpalan darah kecil skali;mski stlh itu saya pipis tdk keluar lg saya ttp kedokter dberi cygest;hystolan;dan preabor n vitamin hasil usg kantong dahkeliatan janin jg dah dirahim dan akan dlhat 2 minggu lgstlah sya bedrest 2 minggu; dan diberi suntikan prolutan 6x ( perawat dtg kerumah) ini sdh dpt 3x suntikan; slama bedrest saya tdk pernah flek lg( saya jg brjaln2 didlm rmh dan fleknya hanta 1x diawal itu); apkah janin saya baik2

    saja dok? Saya tkut skali janin saya tdk berkmbang; mhon solusinya

    prolutans 6x ( perawat dtg kerumah) ini dah dpt 3x suntikam

  15. Lita says:

    Permisi dok, mau tanya seputar persalinan
    1.kapankah sebaiknya ibu hamil di berikan induksi (setelah pembukaan berapa?), mengingat induksi akan melipatgandakan sakit n mulesnya?
    2.benarkah bius yang dipakai untuk tindakan epidural atau ILA adalah bius yang sama untuk proses cesar?dan di suntikkan pada titik yang sama pada ibu hamil?jika demikian dokter anastesi yang membius bisa merupakan orang yang sama? (dapat meng-anastesi untuk proses epidural atau ILA, maupun cesar?)
    terima kasih sebelumnya dok.

    • psenoaji says:

      Halo bun,
      seorg bumil diberikan induksi jika ada indikasinya/alasannya, antara lain ketuban pecah dini, persalinan lama/macet, hamil lewat waktu dll. Jika pembukaan meningkat terus, maka tdk perlu induksi.

      Bius epidural, ILA ataupun spinal pd sesar, memang disuntikkan di punggung, namun kedalaman suntikannya berbeda2 tergantung ruangan di cerebrospinal mana yg mau dimasukkan obat, yg melakukannya adalah dokter anestesi, dan semua dokter anest bisa melakukannya

      • Lita says:

        apakah ada batasan kapan persalinan di kategorikan lama/macet? (untuk kehamilan anak pertama)

        sekedar memastikan, berarti dokter anastesi untuk proses cesar seharusnya juga bisa menganastesi pada proses ILA ataupun epidural yah?

        terima kasih atas tanggapannya

      • psenoaji says:

        Untuk melihat kemajuan persalinan sejak fase aktif ( diatas pembukaan 4 ) sampe pembukaan lengkap, maka dipake sarana pencatatan Partograf. Dengan memakai partograf ini, bisa dinilai kemajuan2 dan lamanya persalinan.. Normalnya setiap jam nambah 1cm pembukaan.

        Saat pembukaan lengkap, bumil mulai boleh dibimbing utk meneran, dgn batas waktu maksimal 2jam, dgn catatan kondisi ibu dan janin masih baik/stabil.

        Utk dokter anestesi, yang melakukan bius sesar, ILA, epidural adalah dokter yang sama bun, jadi ga perlu kawatir🙂

  16. camila says:

    Selamat pagi dok, saya mau tanya .. Awal juni ini saya baru melahirkan bayi saya pada usia kandungan 23 minggu dikarenakan IUFD. Penyebabnya, bayi saya mengalami kelainan saccrocygeal teratoma. Kondisi bayi saya setiap bulan sehat, perkembangannya juga sesuai. Hanya saja pada saat menjelang 23 minggu ‘diperkirakan’ sudah patah tulang lehernya karena terdesak tumor di tulang ekor yang membesar. Pada tanggal 1 juni saya melahirkan secara normal tanpa perlu dikuret. Yang mau saya tanyakan, apakah kelainan saccrocygeal teratoma ini bisa terulang di kehamilan berikutnya? Mengingat ini kasus langka 1 banding 35.000 angka kelahiran? Apa yang harus saya dan suami lakukan agar kelak anak ke 2 kami bisa sehat dan tidak mengalami IUFD lagi. Terima kasih🙂

    • psenoaji says:

      Sacrococcygeal Teratoma (SCT) sampai saat ini belum diketahui penyebab pastinya, namun sudah ada data yg menunjukkan bhw ada kemungkinan faktor penyebabnya adalah genetik / keturunan. Sehingga kami tdk bisa memastikan kondisi ini pasti/tdk akan ada pada kehamilan selanjutnya.. SCT kebanyakan adalah jinak, namun karena ukurannya yg sangat besar, maka perlu penanganan operasi pengangkatan segera. Mengenai kematian janin dlm kandungan, hal ini tdk bisa dihindarkan, karena usia janin segitu pun kalo dilahirkan juga belum kuat hidup

  17. Armini says:

    Selamat siang dok, sy ibu dari 1 putri, umur sy skrg 38 th, ksrg sy lg program anak ke 2 dan hari ini sudah telat haid 2 minggu, sy pernah tespack hari ke 4 & hari ke 10 tapi hasilnya negatif. Sejak mulai telat haid sy keputihan tp tdk gatal, kepala sering pusing dan sedikit mual, dan di hari ke 10 perut mulai mules bagian bawah sampe krg (kadang hilang kandag muncul sakitnya)
    Apakah sy hamil atw ga ya dok? biasanya haid sy klu telat paling 2-3 hari ga pernag telat sampe 2 minggu.
    Mohon pencerahannya. Trims ya dok….

    • psenoaji says:

      Jika hamil, maka tes kehamilannya harus positif, paling cepet 1-2minggu setelah berhubungan di masa subur. Jika penasaran, cek aja dgn USG jika sudah terlambat haid lebih dari 8minggu

  18. Pingback: Selamat Datang di TanyaDokterSpOG.com | Tanyakan ke Dokter Kandungan anda…

  19. nuna says:

    Hallo dok, saya mau tnyakan, sbelumnya pda tgl 15/6/12 saya mengalami flek pda usia kandungan 4mingguan, mungkin krna saya melakukan hbgn dgn suami. Fleknya tidak brhenti smpai skrg tgl 5/7/12. Saat chek ke dok kandungan saya dy bilang kemungkinan B0, tp dy ttp observasi 2minggu k’dpn dgn obat yg d’berikan duvadilan,cygest400,kalnex,aspilets, dn vitamin lain’y. Stelah 2minggu saya chek lagi usia kandungan saya 6w4d pda tgl 3/7/12 dgn ukuran kantung 1,42mm. Pda saat usg transvaginal dokter saya tidak menemukan janin dlm kantung saya, dn dy prediksi 80% adanya BO, namun dy menyuruh saya untuk kembali chek 2minggu lg. menurut dokter apa memang saya mengalami BO dgn keluhan flek saya ini dok? Sementara tidak ada keluhan lain sprti keram perut/mules yg tidak biasa. Hnya flek darah saja dok. Saya hrp 2nd oponi dri dokter bsa memberi harapan lbh untuk saya. Trimakasi dok

    • psenoaji says:

      Salah satu tanda Kehamilan Kosong / Blighted Ovum (BO) memang flek/perdarahan pd usia kehamilan muda.. Untuk memastikan apakah ini bener BO atau bukan, harus dipastikan munculnya janin di dalam kantong tersebut. Diagnosis BO bisa dipastikan dari USG biasa jika kantong janin sudah diatas 30mm namun belum ada janin didalamnya. Jika melalui USG transvaginal, disebut BO bila kantong sudah diatas 20mm namun belum ada janin didalamnya. Betul yg dokter anda nyatakan, beliau akan menunggu sampe diameter kantongnya memenuhi syarat bisa disebut BO atau tidak. Selama blom ada keputusan, kita akan berpikir positif bahwa masih ada kemungkinan janin akan muncul. Dari USG biasa, normalnya janin akan terlihat pada usia kehamilan 7 minggu. Saran saya ulang lagi USG 2minggu lagi untuk kepastian diagnosisnya

  20. marissa says:

    Hallo dok..ak mo nanya..
    5 bln tg lalu ak mlahirkan lewat SC..trus paska sc,ada area pd kulit perut di atas garis insisi sc yg terasa baal..kayak macam parastesi gitu,dok..
    Sbnernya ga mengganggu sih..tp krn sampe skrg baal..jadi agak brtanya2 aja jadiny..
    Ini gak papa yah??
    Trima kasih byk ya dok sblmny..🙂

  21. shinta says:

    Slmt siang dok,.saya mw tnya, bln okt 2011 sy kguguran,lalu maret 2012 kmrn sy dkuret krn BO,stlh itu saya dberikan anti virus torch oleh spog sy. Mens terakhir sy tggal 2 juni 2012,lalu pd tgl 8/7/12 sy TP hsilnya +,cuma sy masih trauma utk usg lg pasca BO kmrn dok,apkh ad kmungkinan BO berulang?

    • psenoaji says:

      BO disebabkan oleh kualitas sperma yg kurang baik, jadi kemungkinan berulang sih bisa aja..

      TORCH tdk akan menyebabkan keguguran berulang, dan bukan merupakan penyebab BO

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s