Perkapuran plasenta… Apakah itu?

Dok,

apa sih penyebab terjadinya pengapuran plasenta sampai bolong2 gitu? kasus ini muncul di trimester ke 3

terima kasih

Perkapuran / kalsifikasi dan pembentukan vakuola atau bolong2 menunjukkan
bahwa plasenta sudah matang, dan tdk selalu berarti sesuatu yg buruk… Kondisi perkapuran dan vakuola jika usia hamil masih di range normal, belum lewat waktu maka tdk akan jadi masalah. NAMUN, jika ada kehamilan lewat waktu, atau kehamilan dgn pertumbuhan janin kecil, disertai dengan Kalsifikasi/perkapuran dan Vakuola, maka ini menunjukkan bahwa kondisi kehamilan sudah tdk untuk dipertahankan lagi, dan harus dilahirkan. Kondisi ini biasanya diikuti dgn keringnya air ketuban (oligohidramnion). Jika dibiarkan, janin akan jatuh dlm kondisi gawat dan bisa terancam nyawanya…

This entry was posted in c. Trimester Ketiga and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Perkapuran plasenta… Apakah itu?

  1. dewi ipan says:

    dok sudah setahun anak saya meninggal.sebelum saya melahirkan pagi malamnya saya sempat cek up ke dokter tapi katanya saya belum waktunya melahirkan.pulang dari dokter saya mules dan subuh memanggil bidan setelah di periksa ternyata kata bidan ketuban saya tidak ada.dengan susah payah saya melahirkan sorenya dengan keadaan anak saya normal tapi detak jantung lemah setelah itu meninggal setelah di tengah perjalanan menuju RS.kenapa ketuban saya bisa kering begitu padahal tidak ada cairan yg keluar selain pipis saya dan kenapa tidak terlihat di USG kalo saya tidak punya air ketuban lagi?apa penyebab semua itu dok?

    • psenoaji says:

      bisa aja karena lewat waktu, atau ada gangguan perkembangan akibat diabetes atau preeklamsia. Namun seharusnya memang bisa terlihat jumlah ketubannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s