Trimester Ketiga

20120702-135154.jpg

Ini adalah 3 bulan terakhir yang menegangkan sekaligus yang paling ditunggu oleh ibu hamil. Pada awal trimester ketiga, berat janin berkisar 1000 gram sampai dengan 2000 gram pada usia 32 minggu. Proses pembentukan tulang sudah selesai, organ-organ penting seperti otak, jantung, sistem pencernaan sudah terbentuk sempurna, hanya paru-paru janin yang belum matang pada usia awal trimester ketiga. Posisi kepala janin biasanya sudah mulai menuju ke bawah.
Jika diperhatikan, pertumbuhan berat badan janin akan melonjak cepat pada trimester ini, dengan rata-rata pertumbuhan berkisar 200 gram per minggunya. Dengan beban seberat ini, sudah pasti anda akan merasakan berbagai keluhan akibat dari beban gravitasi dari janin di perut anda.

Pada kehamilan yang sudah menginjak 36 minggu, berat janin dianggap normal jika berkisar diatas 2500 gram, saat ini paru-paru janin sudah hampir bisa dipastikan matang. Pada saat ini, kulit janin mulai berubah warna menjadi lebih terang dan berkerut.

Rata-rata persalinan normal akan terjadi pada usia kehamilan 38-40 minggu, dengan berat rata-rata normal berkisar di 2500 – 4000 gram. Anda akan merasakan gerakan janin lebih jarang karena ruangan di dalam rahim yang makin sempit karena terisi penuh oleh janin. Saat ini janin sudah dianggap matur/matang, dan siap lahir sewaktu-waktu.

Pada kehamilan trimester akhir, anda akan merasakan banyak keluhan yang datang silih berganti, dan itu adalah bagian normal dari proses kehamilan ini, sehingga nikmati dan jalani dengan semangat, karena dalam beberapa minggu ke depan, bayi yang ditunggu-tunggu akan segera lahir. Keluhan yang sering terjadi adalah nyeri pinggang, kontraksi, pembesaran payudara, garis-garis stretchmarks yang makin jelas, sering buang air kecil, susah buang air besar, rasa panas di ulu hati dan perasaan sesak dan nafas yang pendek. Semua keluhan-keluhan diatas adalah kondisi normal.

Nyeri pinggang, susah BAB dan sering BAK merupakan keluhan yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan dan beban kehamilan, akibat gaya gravitasi dari janin di perut anda. Pakailah bantal penyangga saat duduk agar anda lebih santai dan rileks.

Rasa sesak dan nafas pendek, serta rasa panas di ulu hati disebabkan oleh penekanan rahim yang makin membesar ke arah atas, sehingga ruang pau anda akan berkurang sehingga napas anda terasa lebih sulit dan pendek. Rajinlah berolahraga ringan, termasuk senam hamil, untuk melatih adaptasi pernafasan anda. Rasa panas di ulu hati selain disebabkan oleh asam lambung yang naik oleh penekanan rahim, juga akibat dari peningkatan hormon progesteron pada trimester ketiga.

Pada trimester ini, terdapat tanda-tanda bahaya dimana anda harus segera memeriksakan ke dokter kandungan anda, antara lain jika timbul perdarahan hebat, nyeri perut yang sangat, pusing, muntah, dan nyeri saat berkemih. Perdarahan bisa disebabkan oleh lepasnya plasenta, atau letak plasenta yang menutupi jalan lahir. Pusing, mual dan muntah bisa jadi suatu tanda perburukan dari preeklamsia (tekanan darah tinggi dalam kehamilan). Nyeri perut merupakan tanda bahaya ancaman robeknya rahim akibat kontraksi yang berlebihan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s