Tentang Blog ini

Blog tanyadokterspog.com adalah media komunikasi bagi siapapun khususnya para wanita dan ibu hamil mengenai segala serba-serbi kesehatajn reproduksi wanita, kehamilan dan permasalahannya…

Blog tanyadokterspog.com diasuh secara profesional untuk memenuhi kebutuhan anda akan komunikasi interaktif mengenai semua pertanyaan-pertanyaan yang terkadang terlewatkan saat konsultasi dengan dokter kandungan anda….

Saya selain aktif mengelola blog ini, dalam keseharian berdinas sebagai staf pengajar bagi para calon dokter umum dan calon dokter spesialis di Bagian Kebidanan dan Kandungan di RSUP Persahabatan / Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Selain itu, saya juga berpraktek spesialis kebidanan dan kandungan di RSU Permata Cibubur dan RSU Mary Cileungsi Hijau.

Selain seabreg kegiatan saya di atas, saya saat ini sedang merintis suatu Rumah Sakit Bersalin sederhana dengan nama RSB Bunda Lestari di kawasan Dadap, kabupaten Tangerang, terutama diarahkan untuk para pasien kebidanan dengan keterbatasan ekonomi, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai bagi mereka yang membutuhkan, dan menghindarkan dari komplikasi persalinan yang berat.

Bagi semua pengunjung blog tanyadokterspog.com  ini, silakan ajukan pertanyaan-pertanyaan anda seputar kesehatan reproduksi wanita dan kehamilan via blog ini, e-mail, ataupun dari halaman facebook dan akun twitter saya @tanyadokterspog. Untuk konsultasi secara langsung, silakan hubungi saya untuk waktu perjanjian konsultasi..

dr. PURNAWAN SENOAJI, SpOG

Ph +628170097955

12 Responses to Tentang Blog ini

  1. Nana says:

    Dok,sy baru hamil 2bulan tp pas di usg denyut jantungny blm terlihat.normal ga dok,ada ga dok batas usia maksimal pertumbuhan jantung pada janin?

    • psenoaji says:

      denyut jantung janin terlihat mulai usia hamil 6-7minggu dengan USG, dan akan sangat akurat jika menggunakan USG transvaginal. Jika diatas itu belum ada denyut jantung janinnya, maka janin yg dikandung sudah tdk hidup/meninggal di dalam, dan harus dikeluarkan.

  2. Yessy says:

    Saya Yessy 25th menikah 1,5th sampai saat ini belum memiliki anak.. saya punya riwayat BO dan disarankan kuret pada September 2011. seketika itu saya disarankan KB pil sampai 3 bulan. setelah sampai skrng saya telah lepas KB dr Januari 2012 ini belum jg hamil.. apa memang karna KB itu saya jd susah hami? padahal saya sudah kontrol SPOG bulan Februari 2012 dan rahim saya baik2 saja kata dok.. dan bulan ini saya merasa ada gejala kehamilan mual muntah dan pusing serta cepat lelah padahal saya belum waktunya datang bulan (haid tgl 6) saya coba testpack masi negatif saya periksakan ke dok SPOG lain dan ternyata katanya saya terkena Radang rahim dan ada cairan di rahim saya.. apakah itu berbahaya dok?? dan sampai saat ini saya masi mengalami mual muntah dan belum juga haid,, pada saat yg sama juga saya disarankan untuk tes rubela dan tokso dan sudah saya lakukan tinggal menunggu hasil…

    terimakasih..

    • psenoaji says:

      jika memang terdeteksi ada radang rahim, maka ikutilah terapi dari dokternya bun, sampe tuntas.. Trus jgn lupa periksakan juga analisa sperma suami, utk mengetahui kualitas sperma suami anda.. Banyak faktor yg mempengaruhi kesulitan utk hamil bun.. Biasanya radang rahim akan mempengaruhi karena bisa menyebabkan sumbatan di saluran telur sehingga menghalangi masukknya sperma ke sel telur

  3. Yessy says:

    Dear dr..

    Hari ini saya konsultasi ke spOG saya.. karna saya melakukan taspack dan hasilnya positif tapi masi belum terlihat bakal janin dan plasentanya.. jika tidak salah seharusnya sudah terlihat ya dok,,karna terakhir mens tgl 6 Mei dan sekarang sudah 6 Juni.. saya kawatir karna riwayat BO..
    terakhir kata spOG-nya saya ada radang rahim dan ditakutkan terdeteksi rubela.tokso,cmv. tapi hasil lab baik karna negatif dan radang rahim pun sudah sembuh.. saya takut dok kehamilan ini akan sama seperti kehamilan pertama.. saya sudah berharap ingin kehamilan kali ini bisa berjalan sampai persalinan….

    • psenoaji says:

      Usia kehamilan anda baru mencapai 4 minggu. Untuk bisa melihat adanya kantong janin dan janinnya, usia paling awal dilihat adalah 6 minggu, itupun harus dengan USG melalui vagina (transvaginal). Utk USG yg biasa, biasanya baru tampak diatas 7-8 minggu. Tunggu aja ya bu saat kontrol berikutnya. Semoga sehat selalu

  4. Shofi Rahmani says:

    Salam.. Saya sudah telat haid 2 minggu lebih dok… Sudah sya test hasilnya 2 garis tp garis yg 1 nya lagi lebih tipis,, berarti ini kehamilan kedua sya karna Kehamilan pertama sya di kuret karna BO,, pertanyaannya ,, dari kemarin sya keluar darah ga tau apa ,,, warnanya coklat banyak … Apa itu artinya sya keguguran dok?? TerimakaSih ats jawabannya..m

    • psenoaji says:

      Keluar darah saat kehamilan muda adalah tanda awal ancaman keguguran, jadi sebaiknya segera periksakan ke dokter kandungan untuk dilihat kondisi kehamilannya, jika kondisinya masih baik, maka akan diberi suplemen progesteron utk mempertahankan kehamilannya

  5. oppy says:

    dok… saya menikah tgl 27 april 2012 dan pengen segera punya anak, yg ingin saya tanyakan
    setelah berhubungan dgn suami (siang/pagi hari) setiap mau mulai aktifitas lagi kok ada cairan ky sperma keluar daari vagina saya ya? apakah ini normal? apakah sperma gagal masuk ke rahim? inikah yg membuat saya blm hamil sampai sekarang?
    setiap seminggu mau tiba tgl haid pasti ada rasa pengen pipis terus menerus dan jarak waktunya 30 mnt-1 jam sekali. normalkah?

    • psenoaji says:

      cairan sperma tidak akan semua masuk ke rahim anda, utk terjadinya kehamilan hanya butuh setetes sperma aja, karena sekali ejakulasi, normalnya keluar lebih dari 20juta sel sperma, sedangkan hanya butuh 1 sel sperma utk membuahi 1 sel telur. Sehingga wajar jika masih ada cairam mani yg keluar lagi. Belum perlu kawatir ya.. Lakukan secara rutin 3-4x per minggu, semoga cepet hamil..

      Mengenai keluhan pra menstruasi, itu msih merupakan keluhan normal… jadi tdk perlu jadi beban pikiran.. Relaks dan nikmati aja…

  6. intan says:

    saya remaja berusia 20 tahun . blm menikah .
    saat usia 17 tahun dokter mengatakan bahwa saya radang rahim .
    saya khawatir .
    saya mau bertanya . apakah seseorang yg mengidap pnyakit radang rahim masih bisa hamil ?
    jika ada cara tuk menyembuhkanya tolong beritahu saya .
    trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s