Kapan harus tes kehamilan? Gimana ngitungnya?

Selamat malam, Dok. Saya menikah tgl 17 Juni 2012 lalu, dan mengalami haid terakhir pada tanggal 10 Juni (hari pertama). Terakhir kali saya berhubungan dengan suami pada tanggal 23 Juni, setelah itu kami berpisah karena suami saya harus bertugas di kota yang lain.

Bila sekarang saya melakukan test pack, apakah test pack sudah bisa menunjukkan hasilnya secara akurat Dok? Bila hasilnya positif, berarti sudah berapa usia kehamilan/janin saya? apakan saya terlambat mendeteksinya? karena saya tidak ingin kehilangan minggu-minggu pertama dimana pembentukan janin juga sangat vital.

Saya pribadi, belum merasakan adanya tanda2 kehamilan seperti morning sickness, perubahan bentuk tubuh, dll. pada usia kehamilan berapa biasanya tanda2 itu muncul Dok? maaf ya Dok kalau pertanyaannya terlalu banyak, tapi mohon dijawab ya Dok. terima kasih banyak, Dok. Sukses selalu.🙂

Tes pack sudah bisa positif 1-2 minggu setelah pembuahan yg berhasil. Paling enak tuh tes pack kalo udah terlambat haid.. Jadi anda tdk perlu buru2 tes pack. Jika sudah terlambat haid, dan di tes pack positif, maka 97% hasilnya adalah benar hamil. Untuk memastikan kehamilannya normal, pastikan dengan USG sebulan kemudian.

Hamil ataupun tidak hamil, persiapan kehamilan seharusnya sudah dilakukan 2 bulan sebelumnya, yaitu dengan konsumsi asam folat dan multivitamin, jadi anda tidak akan kehilangan minggu2 pertama tanpa asupan nutrisi.

Secara medis, menghitung usia gestasi adalah dari Hari Pertama Haid yg Terakhir, jadi pd kasus anda jika tes nya positif, maka hitungan usia gestasi adalah dari tgl 10 Juni. Kenapa tdk bisa dihitung dari masa pembuahan? Karena anda tdk akan bisa tahu kapan tanggal persisnya sperma suami yg berhasil menembus sel telur yang menyebabkan terjadinya pembuahan, apalagi pada kasus pengantin baru yg biasanya hub sex nya sering (bisa tiap hari) hehe…

Tanda2 awal kehamilan akan muncul begitu hormon bHCG mulai meningkat drastis, biasanya diatas 1-2bulan kehamilan, seperti mual muntah, perubahan emosional, dll

This entry was posted in a. Trimester Pertama and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

