Janin saya dikatakan ada penyumbatan tali pusat di usia 26w..

20120702-072654.jpg

Selamat Siang ,

Saya bersama istri baru saja melakukan USG 4D di usia kehamilan istri saya 26 w, saya terkejut ketika dokter ditempat saya melakukan USG mengatakan adanya penyumbatan tali pusar isteri saya yg diakibatkan oleh lemak , minyak dsb nya. Dari hasil USG 4D tersebut, penyumbatan sudah mencampai angka 0.95 % dan di layar monitor terlihat tidak terang atau buram. Penjelasan dari dokter tsb yakni , air ketuban isteri saya sudah keruh, akibat si janin sudah BAB didalam rahim. Sungguh saya sangat takut mendengarnya, lalu saya diberikan 3 jenis obat dari dokter, dan 1 resep obat herbal garlic. Ini adalah cara mengurangi tumpukan lemak tsb kata si dokter, kemudian saya melakukan anjuran dokter tsb. sebagai informasi, sebelum ke dokter USG 4 D ini, saya cek di usia kehamilan 24 w di dokter RS tempat rencana istri saya melahirkan , dan dokter tersebut mengatakan semuanya baik2 saja dengan berat janin kurang lebih 500 gram, kemudian saat ini ketika saya tahu adanya penyumbatan tali pusar, janin saya hanya baru 900 gram😦 .

pertanyaan saya dok, apa yang harus saya lakukan dengan kondisi kehamilan seperti ini?? apakah saya perlu kembali kedokter awal saya berobat untuk mendapatkan second opinion dari DR tsb ?? dan apakah langkah dari DR tempat saya USG ini benar dengan memberikan obat2an seperti Garlic dsbnya??? dan terakhir , asupan apa yang sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini??

mohon pencerahammya di tengah kekhawatiran saya dan istri, terimakasih.

Mengenai kondisi kehamilan istri anda, secara logika aja, jika terjadi penyumbatan/ sesuatu yg menghalangi aliran darah dari plasenta ke janin, maka seharusnya akan terjadi terhambatnya pertumbuhan janin. Namun kalo dari data yg didapat, maka usia 26w itu normal kalo beratnya 900gram. Berat normal 28w aja 1000gram kok.. Selain itu, penyumbatan tali pusat yg berat bisa berakibat sampai kematian janin dalam kandungan dan meningkatnya risiko preeklamsia

Saya sarankan untuk cari second opinion ke dokter yg lain dulu aja, jangan terlalu kawatir dulu. Kalo penasaran, datang ke rumah sakit pusat pendidikan di daerah anda, mintalah konsultasi di bagian Fetomaternal, Dan untuk menilai alirannya tdpt sumbatan atau tidak, biasanya pengukuran dilakukan dgn arus Doppler, dengan dihitung rasio antara tekanan sistolik dan diastolik dari aliran darah tali pusat tersebut, dan angka rasio tsb bernilai angka satuan (contoh, 2,5 atau 3,2 dst) bukan persen.

Kontrol yg teratur, awasi gerakan janinnya, konsumsi vitamin asam folat, zat besi, vit D, kalsium, utk perkembangan dan pertumbuhan janin. Pemberian Garlic pasti dihubungkan dgn teori bhw jika ada penyumbatan, maka tekanan darah akan meningkat, pertumbuhan janin terhambat dan timbul preeklamsia (tekanan drh tinggi dlm kehamilan). Sayangnya, Garlic dari penelitian yg didapat dr database Cochrane Library (kumpulan data penelitian kedokteran) dilakukan di Univ of Liverpool UK menyatakan tdk cukup bukti statistik yg menyatakan garlic bermanfaat utk pencegahan komplikasi dlm kehamilan terutama preeklamsia (tekanan darah tinggi dalam kehamilan).

This entry was posted in b. Trimester Kedua and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s