Kehamilan Trimester Kedua (13-27 minggu)

Pada trimester kedua ini, terjadi proses penyempurnaan organ-organ janin. SIstem saraf janin sudah mulai berfungsi, dan denyut jantung sudah mulai bisa terdeteksi menggunakan alat dengar denyut jantung janin. Gerakan-gerakan kecil si janin mulai terasa pada minggu ke 18-20. Diatas 20 minggu, gerakan janin seperti tendangan janin akan terasa lebih teraturdan terkoordinasi. Gerakan menelan dan menyedot janin sudah mulai terjadi. Organ-organ kecil janin mulai terbentuk, seperti kuku, rambut, alis, bulu mata, tulang-tulang mulai menjadi lebih padat. Organ reproduksi dan kelamin sudah terbentuk sempurna, sehingga pada pertengahan trimester kedua, biasanya dokter anda sudah bisa menilai jenis kelamin janin anda melalui pemeriksaan USG.
Diatas usia kehamilan 20 minggu, janin mulai berbentuk mirip bayi normal karena kulitnya sudah mulai menebal dan jaringan lemak mulai terbentuk. Organ-organ penting untuk metabolisme tubuh, seperti hati dan pankreas mulai terbentuk sempurna. Ukuran panjang janin pada saat ini berkisar 20-25cm dengan berat janin berkisar 400-500 gram


Setelah masuk masa kehamilan trimester kedua, keluhan-keluhan ibu hamil mulai berkurang. Keluhan umum seperti mual muntah hampir pasti akan menghilang, mengingat kadar hormon bHCG yg mulai menurun seiring makin tuanya usia kehamilan. Keluhan sering buang air kecil juga akan membaik, karena kehamilan sudah mulai naik dari rongga panggul ke rongga perut. Karena rongga perut mulai terisi, keluhan baru akan muncul, seperti sulit buang air besar, sampai rasa penuh di ulu hati. Kekurangan kalsium dan nutrisi lain seperti zat besi akan menimbulkan gejala-gejala seperti kram, kaku, pegal-pegal dan pusing kepala. Perubahan bentuk badan, perubahan warna kulit dan timbulnya garis-garis hitam di perut merupakan perubahan sementara saat kehamilan. Prinsip dasar selama kehamilan yang harus dipenuhi adalah makan bergizi, olahraga rutin dan istirahat yang cukup.

Bagaimana dengan hubungan seks saat trimester kedua? Banyak pasangan takut melakukan aktivitas seksual karena khawatir akan menyakiti janin dalam kandungan. Mitos ini tidak benar, janin dalam posisi yang aman di dalam kandungan anda, sehingga tidak akan bermasalah. Di masa kehamilan, gairah seksual anda biasanya meningkat, karena lebih banyaknya aliran darah ke organ reproduksi anda, namun kadang anda juga bisa kehilangan semangat seksual setelah melihat perubahan tubuh anda dan begitu banyaknya keluhan-keluhan yang bermunculan. Kuncinya adalah komunikasi antar pasangan dan saling pengertian. Hubungan seksual suami istri adalah kegiatan yang menyenangkan, jadi sebaiknya jangan dilewatkan dan jadikan sebagai rekreasi anda dan pasangan.

Pada trimester kedua, pemeriksaan ke dokter kandungan masih dilakukan rutin sebulan sekali, sama dengan pada trimester sebelumnya. Saat pemeriksaan, dokter akan menilai berat badan anda, ukuran rahim, dan pemeriksaan denyut jantung janin. Jika direncanakan pemeriksaan USG, dokter akan menilai ukuran janin, perkembangan organ janin, jumlah air ketuban, jenis kelamin, dan mencari kecurigaan kelainan /kecacatan janin.

This entry was posted in b. Trimester Kedua and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kehamilan Trimester Kedua (13-27 minggu)

  1. Rita maulana says:

    Dokter sy mw tnya bbj uk 19 mggu it normalnya brapa?sy usg kt doktr bbj sy cm 275 gram,ktnya kcil sekali?sdgkn sy baca di artikel google uk 19 mggu antara 200_300gram.. Mhn pnjelasan dr doktr,trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s