Perdarahan Pasca Persalinan

Kematian ibu saat bersalin sampai saat ini masih cukup tinggi di Indonesia, Penyebab utamanya adalah Perdarahan Pasca Persalinan, Eklamsia (kejang dalam kehamilan) dan infeksi. Perdarahan Pasca persalinan masih merupakan penyebab tertinggi kematian ibu.

Perdarahan pasca persalinan didefinisikan sebagai perdarahan lebih dari 500cc pada persalinan normal, atau 1000cc pada persalinan dengan operasi sesar. Kondisi yang memburuk pada pasien setelah bersalin biasanya ditemui pada kasus yang terlambat ditangani. Kenapa bisa terlambat? Penyebabnya adalah persalinan dilakukan di rumah, yg jauh dari fasilitas kesehatan, dokter atau bidan. Selain itu penyebab lain adalah masih maraknya penolong persalinan tradisional (dukun/paraji) yang bekerja tanpa standar baku pengenalan tanda bahaya.

Faktor-faktor apa yang membuat seorang ibu berisiko terjadi perdarahan pasca persalinan? Antara lain adalah usia ibu, anak yg sudah banyak, janin besar, janin kembar, kelainan rahim dan penyakit pada ibu, seperti tekanan darah tinggi / preeklamsia, anemia dan penyakit lain.

Jika kondisi ibu saat datang ke RS masih stabil, maka kemungkinan besar masih bisa tertolong. Prinispnya adalah penggantian darah yang hilang, stabilisasi kondisi dan keadaan hemodinamik, serta mencari tahu sumber perdarahan.

Bagaimana seorang dokter/bidan bisa mencari sumber perdarahan? Ada 4 sumber perdarahan yang harus dicari, yaitu akibat kontraksi rahim yg kurang baik, akibat robekan jalan lahir, akibat jaringan plasenta yang belum keluar semua, atau memang ada kelainan pembekuan darah pada ibu.

Pemeriksaan kehamilan yang teratur di sarana kesehatan, konsumsi makanan bergizi, konsumsi vitamin, rajin olahraga, dan bersalin di sarana yang memadai merupakan salah satu cara mengantisipasi kejadian ini.

Semoga bermanfaat…

This entry was posted in d. Persalinan dan Komplikasinya and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s