Kehamilan Trimester Pertama (1-12 minggu)

20120625-160537.jpg
Trimester pertama adalah fase penting dalam perkembangan janin dalam kandungan. Saat-sat inilah mulai terjadi pembentukan organ-organ penting dari janin. Selama trimester pertama, janin anda akan bertransformasi dari satu sel zigot menjadi suatu embrio, yang akan menempel di dinding rahim, kemudian berkembang menjadi janin. Pada awal minggu kehamilan, mulai terjadi perkembangan awal dari jaringan otak, saraf tulang belakang, jantung dan saluran pencernaan janin. Pada akhir bulan pertama, janin akan berukuran berkisar 6-7mm. Saat minggu ke 8 kehamilan, janin mulai ada bentuknya, dan mulai pembentukan anggota gerak.

Pada bulan kedua kehamilan, bentuk muka janin sudah mulai terbentuk, anggota gerak mulai tumbuh, begitu pula jari dan mata janin. Organ-organ vital seperti jaringan saraf, otak, tulang belakang sudah mulai terbentuk sempurna. Pembentukan tulang mulai terjadi, menggantikan tulang rawan janin. Saat ini janin sudah mulai tampak bergerak, namun belum bisa terasa oleh anda. Pada akhir bulan kedua, ukurannya berkisar 2-3cm.

20120625-160432.jpg
Pada akhir trimester pertama, janin sudah mulai terbentuk sempurna, berbentuk seperti miniatur dari bayi anda, lengkap dengan lengan, tangan, kaki, jari dan mulutnya. Panjang janin saat ini berkisar 8-10cm. Pada usia kehamilan berkisar 11 dan 14 minggu kehamilan, sangat dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan Ultrasonografi (USG) skrining untuk mendeteksi kelainan kromosom seperti kelainan jantung dan Down syndrome. Pada trimester awal, pemeriksaan USG juga penting untuk mengukur usia kehamilan yang paling akurat, dibanding penilaian usia kehamilan dengan USG pada trimester dua atau tiga. Pentingnya melakukan USG pada trimester awal ini perlu ditekankan pada pasien-pasien, terutama untuk yang masih rendah kesadaran untuk kesehatan janin dan kandungannya. Masih ada kepercayaan di masyarakat kita bahwa USG hanyalah untuk melihat jenis kelamin, sehingga hanya akan memeriksakan USG pada trimester akhir.

20120625-160720.jpg
Keluhan-keluhan selama kehamilan trimester pertama merupakan saat-saat terberat bagi kebanyakan ibu hamil. Gejala seperti sering buang air kecil dan kram sering terjadi, meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya. Gejala mual dan muntah, emosi yang kurang terkontrol, sulit makan, rasa pusing kepala merupakan gejala-gejala umum kehamilan awal, yang disebabkan oleh gejolak hormon kehamilan yang meningkat drastis. Vitamin dan makanan bergizi yang kaya asam folat, besi, kalsium dan vitamin D sangat penting dalam fase pembentukan organ di trimester awal, sehingga ibu hamil harus diberi semangat untuk terus mengkonsumsi nutrisi betapapun rasa mual yang dia rasakan, demi perkembangan dan pertumbuhan janinnya.

Kondisi abnormal yang perlu diperhatikan saat kehamilan muda adalah keluarnya bercak darah atau perdarahan, yang merupakan tanda awal ancaman keguguran. Jika terjadi ancaman keguguran, maka ibu hamil harus segera memeriksakan ke dokter untuk ditangani, sehingga jika tidak terlambat, maka kehamilannya dapat terus dipertahankan. Kondisi lain yang perlu perhatian khusus adalah jika terjadi rasa nyeri yang hebat saat masa trimester awal. Rasa nyeri hebat di perut bawah berhubungan dengan kemungkinan adanya kehamilan di luar kandungan. Kehamilan di luar kandungan yang terlambat terdeteksi bisa merupakan kondisi yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatan ibu.

This entry was posted in a. Trimester Pertama and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s