Nutrisi yang diperlukan selama kehamilan

Makanan yang bergizi merupakan hal terpenting yang dibutuhkan oleh bayi selama di dalam kandungan anda. Selain untuk memperbaiki kondisi tubuh anda, makanan yang tepat akan memberikan energi yang dibutuhkan selama kehamilan, dan juga sebagai perlindungan terhadap janin anda terhadap kemungkinan timbulnya kecacatan pada bayi.

Menu makanan yang sehat dan tepat akan membantu pertumbuhan dan perkembangan janin anda, sehingga perlu diketahui nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh seorang ibu hamil. Prinsipnya mudah, makanlah cukup buah2an, sayur, karbohidrat dan protein.

Dibawah ini adalah daftar nutrien yang dibutuhkan oleh ibu hamil, antara lain:

– Asam folat
Folat adalah vitamin B yang dibutuhkan untuk mencegah kejadian kecacatan pada saraf janin, yaitu kegagalan penutupan tabung saraf neural, kelainan berat pada otak dan tulang belakang janin. Selain itu, kekurangan asam folat juga bisa berakibat berat bayi lahir rendah dan persalinan prematur. Saat ini sudah banyak suplemen asam folat yang beredar di pasaran, yang seringkali diresepkan oleh dokter anda sebagai tambahan nutrisi selama ibu hamil. Folat sendiri juga bisa didapat dari makanan-makanan seperti sayuran hijau (bayam, kubis, kol dll), buah-buahan (jeruk, melon, strawberi, lemon, dll), kacang2an dan makanan berbahan dasar gandum (roti, oatmeal dll)

– Kalsium dan Vitamin D
Kalsium dan Vitamin D penting dikonsumsi ibu hamil untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga penting berperan dalam pengaturan sistem saraf, otot dan darah. Hal yang sering terjadi pada ibu hamil yang kekurangan kalsium adalah rasa pegal, kesemutan dan kaku. Vitamin D penting untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat dalam tubuh, sehingga dapat membantu memperkuat tulang dan gigi yang sehat. Kalsium bisa didapat dari semua produk susu dan turunannya seperti keju atau yogurt, bisa juga terdapat dari telur dan ikan salmon. Vitamin D bisa didapat dari telur, ikan salmon dan tuna, dan mentega. Saat ini suplemen kalsium dan vitamin D biasanya sudah ada didalam multivitamin ibu hamil

– Zat Besi
Zat besi penting untuk mencegah anemia/ kurang darah dengan cara meningkatkan jumlah / volume sel darah anda. JIka mengalami anemia, maka anda akan mudah lelah dan sering pusing. Pada kondisi anemia, aliran jumlah darah yang diperlukan untuk anda dan janin akan berkurang, yang akan berakibat kurangnya aliran nutrisi ke janin. Zat besi bisa didapatkan dari daging2an, kacang2an, dan sayuran hijau.

This entry was posted in a. Trimester Pertama and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s