Perlukah melakukan USG 4D?

USG 4D digunakan untuk agar pasien dpt melihat secara lebih jelas bentuk luar dari janin, seperti muka, hidung, mulut, jari, tangan, kaki, dan paling bagus dilakukan justru di kehamilan 24-30minggu, karena air ketubannya masih banyak sehingga mudah untuk menampilkannya.

Utk pemeriksaan kondisi janin, seperti kelainan otak, jantung, tulang belakang, dan semua organ dalam janin, justru yg dipake adalah bukan USG 4D, tapi USG 2D dengan resolusi tinggi. Jadi utk memperlurus pandangan bunda semua, alat USG ini satu alat, dimana ada switch/tombol utk mengubah mode dari 2D menjadi 4D, bukan alat yg berbeda. Dan inilah yg kadang2 jadi persepsi yg salah.

Jadi sebenarnya pemeriksaan skrining lengkap dengan USG resolusi tinggi pun sudah bisa mendpt informasi lengkap, bahkan kita juga bisa dpt muka, tangan dan kaki tanpa harus USG4D. Sayangnya, gambar yg muncul bisa diinterpretasi oleh kami2 yg berpengalaman di bidang ini, sehingga ayahbunda si janin kadang ga ngerti dgn hasil tersebut. Jadi sebenarnya USG 4D lebih cenderung ke arah “memanjakan” pasien utk bisa lihat bentuk si janin, tanpa ada perbedaan dari sisi kualitas ketelitian.

Jadi keputusan utk USG 4D adalah dari pasien itu sendiri. Saya biasanya menyarankan USG 4D bila dari pemeriksaan skrining biasa, tampak kecurigaan kelainan pd bentuk luar janin, seperti kelainan bibir, hidung, jari, tangan dan kaki.

This entry was posted in b. Trimester Kedua and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Perlukah melakukan USG 4D?

  1. rosely says:

    ingin melepas steril ikat,dah bertanya dokter kandungan disini (cirebon) dan menyarankan mesti datang ke RS dr.HASAN SADIKIN bandung /,yg sya ragu sya mesti konsultasi lagi atau langsung operasi ya?ada dokter yg bnisa langsung operasi ga ya?..kira2 brapa ya biayanya?

    • psenoaji says:

      ya, memang biasanya harus dikerjakan di RS pusat, namun tindakan operasi sambung saluran tuba ini sangat sulit, dan kalopun bisa dikerjakan, tdk ada jaminan bahwa akan bisa berhasil nyambung lagi, dan selama ini kemungkinan utk hamil pun cukup kecil..

    • rosely says:

      jdi tetep ya dok sya mesti ke RS yg dianjurkan nya.apa di RS cirebon tempat tinggl sya ga ada yg bisa ya dok?padahal disini banyak RS yg cukup besar cukup mewah dok,atau memang peralatannya yg tidak ada?mf dok jika sya jdi datang kesana sya mesti menemui dokter siapa ya dok?tolong dok rekomondasinya
      ,trima kasih seblumnya

  2. deny_kawok@yahoo.com says:

    slmt sore dokter, dokter saya terakhir menstruasi tgl 19 mei, tgl 17 juni saya test pack hsilnya positif, hari sabtu kemarentgl 7 juli keluar darah banyak 3 pembalut penuh nyeri perut bawah seperti menstruasi, keesokan harinya sampai sekarang bercak darah. bagaimana keadaan kehamilan saya dokter, saya khawatir apa saya keguguran

    • psenoaji says:

      perdarahan saat hamil muda memang merupakan tanda awal ancaman keguguran, jadi sebaiknya anda harus segera memeriksakannya ke dokter kandungan, untuk memastikan apakah kehamilan anda masih bisa dipertahankan atau tidak. Jika hanya darah saja yg keluar, tanpa ada jaringan seperti janin atau plasenta yg keluar, maka masih ada kemungkinan untuk mempertahankan kehamilannya.

      Jika setelah diperiksaka, kondisi kehamilannya masih bisa dipertahankan, maka dokter akan memberikan obat utk penguat kandungan, dan biasanya anda akan disarankan untuk istirahat total, dan sebaiknya hindari dulu aktifitas berlebih dan hubungan seksual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s