Apakah TORCH menyebabkan Blighted Ovum (BO)?

Saya Periksa ke DSOG Tanggal 28 mei, di USG janin tidak terlihat, hanya terlihat kantong kehamilannya saja. diberi obat prestrenol dan folavit, di observasi selama 2 minggu, dianjurkan bedrest dan diduga Blighted Ovum. Seminggu kemudian saya mulai perdarahan, tanggal 3 juni dini hari sudah mulai keluar gumpalan-gumpalan darah dan jaringan. akhirnya dianjurkan kuret.
Seminggu kemudian, saya kontrol ke dsog, di USG rahim dinyatakan sudah kembali ke ukuran normal dan sudah bersih, dianjurkan tes TORCH, Golongan darah, Glukosa.

IgG Toxo negatif 0
IgM Toxo negatif 0,07
IgG anti Rubella positif 229
IgM anti Rubella negatif 0,16
IgG anti CMV positif 35
IgM anti CMV negatif 0,16.

Menurut dokter, apa penyebab keguguran saya?
Bagaimana dengan hasil tes TORCH saya? untuk IgM anti rubella dan CMV nya positif, apa itu yang menyebabkan BO? mohon pencerahannya….. maaf kalau tulisannya terlalu panjang. Terimakasih.

Penyebab utama BO adalah kelainan kromosom dari bakal kehamilan yg terjadi, biasanya dari kualitas sperma yg kurang baik, atau dari sel telurnya. TORCH memang bisa menyebabkan keguguran pd satu waktu, namun bukan sbg penyebab dari BO. Saran saya, setelah kuret, 3bulan kemudian cek periksa kondisi rahim, dan kalo bisa cek analisa sperma suami

TORCH akan infeksius dan menyerang janin, dan berakibat kelainan pd janin, jika IgM nya positif. Jika IgG yg positif, artinya dulu pernah kena, namun saat ini sudah kebal. Namun sekali lg saya sampaikan, TORCH bukan penyebab BO, dan bukan pula penyebab keguguran berulang (Biasanya banyak praktisi yg memeriksakan TORCH jika sorg ibu mengalami keguguran berkali2, pdhl itu tdk perlu)

This entry was posted in a. Trimester Pertama and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

