Kapan boleh hamil lagi setelah operasi sesar?

Sebulan lalu saya operasi sesar (SC) krn baby saya meninggal di dlm kandungan, yg disebabkan tali pusernya kesimpul, saya di SC krn posisi babynya melintang. Slama kehamilan saya tdk ada mslh apa2 dan smua sehat2 aja.
Nah yg ingin saya tanyakan, kpn saya bsa hamil lg ya? Saya ingin skali bsa cpt hamil dan mengingat usia saya skrg 29thn..
Klo mnrt dokter kandungan saya, 3bln pasca sc udh bsa hamil lg, tp saya ingin minta pendapat dokter
Trimakasih buat jawaban dokter

Kondisi kematian janin akibat tersimpul tali pusat memang kondisi yg tdk bisa diprediksi sebelumnya, karena biasanya kejadiannya tiba2. Untuk bisa hamil lagi, memang bener setelah 3 bulan pasca SC sudah boleh hamil lagi, tetapi utk kehamilan yg berikutnya harus operasi SC lagi bun… karena jarak antar kehamilannya pasti masih di bawah 18 bulan. Jika jarak antar kehamilan (interdelivery time) dari SC sekarang sudah diatas 18 bulan, maka kehamilan berikutnya boleh utk dicoba persalinan normal. Karena penyembuhan total luka operasi di rahim utk bisa meregang dan kuat utk meneran/mengedan adalah diatas 18 bulan..

This entry was posted in d. Persalinan dan Komplikasinya and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

