Gangguan haid saat memakai kontrasepsi pil KB

Saya mulai minum pil KB sejak tanggal 12 Mei yang lalu (hari pertama menstruasi). Mens saya berlangsung selama +/- 8 hari dan kemudian berhenti.

Sekitar tanggal 28 Mei, menstruasi saya keluar lagi dan belum berhenti sampai sekarang. Bentuk menstruasi saya lebih banyak daripada sekadar flek tetapi tetap tidak sebanyak normal (warnanya cenderung coklat dan sedikit kemerahan. Apabila normal, menstruasi saya berwarna merah gelap pada pada hari ke-1 sampai hari ke-4).

Hal yang ingin saya tanyakan:

Apakah menstruasi ini keluar lagi karena tubuh saya tidak cocok dengan pil KB, sedang beradaptasi dengan pil KB, atau apakah karena saya stres menjelang pernikahan saya bulan depan?

Mohon tanggapannya, Dok. Terima kasih banyak sebelumnya

Hal ini biasa terjadi pd pemakai pertama pil KB, karena tubuh perlu beradaptasi thd perubahan hormonal yg disebabkan oleh pil tsb.. Biasanya siklus akan bagus lagi stlh pemakaian 3bulan ke atas. Stres memang bisa jadi mengganggu siklus haid, jadi baiknya rileks saja yaa..

Pil KB mengandung hormon progesteron dan estrogen dlm dosis sedemikian rupa sehingga akan menekan munculnya sel telur sehingga bisa menghindari terjadinya pembuahan. Pada hari2 terakhir minum pil, pil KB tersebut hanya berisi tablet salut gula aja, yg menyebabkan terjadinya penurunan kadar progesteron dlm tubuh, sehingga akan memicu haid selanjutnya… begitulah setiap bulannya.

This entry was posted in c. Kontrasepsi / Keluarga Berencana and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s