Keputihan bikin sulit hamil?

dok, saya sudah menikah selama 1 tahun 5 bulan, tapi belum juga punya anak…
sebelumnya saya ke spog, dan kata dokter, saya mengalami keputihan yang sudah ijo…
lalu saya dikasih obat, antibiotik, vitamin, dan obat yang di masukkan kedalam vagina, selang beberapa hari keputihan saya sudah bagus, tidak seperti sebelumnya….

tapi dok setelah saya tidak berobat lagi, saya mengalami keputihan lagi.. apakah dari makanan pengaruh ke keputihan dok ??
trims, dok

Keputihan paling sering disebabkan oleh infeksi,

bisa akibat bakteri, atau jamur. Kondisi yg paling sering menyebabkan nya adalah faktor kebersihan daerah organ wanita, termasuk kebersihan pakaian dalam, dan bisa juga akibat penularan, apakah dari kontak seksual maupun kontak yg lain. Cucilah celana dalam terpisah dari baju yg lain, dan rendam dulu di air panas. Secara berkala bersihkan vagina dgn pembersih wanita, dan jangan biasakan memakai pantyliner secara rutin, karena justru akan menyebabkan kondisi vagina makin lembab. Pakailah celdam yg menyerap keringat dari bahan yg berkualitas.
Jika masalah keputihan teratasi, seharusnya lalu lintas sperma ke indung telur tdk terhalangi. Sebaiknya kontrol menyeluruh utk program hamil, termasuk memeriksakan analisa sperma suami. Karena sulit mudahnya hamil tergantung banyak faktor, antara lain sperma, hormon, saluran tuba, siklus haid, kelainan di kandungan dll

This entry was posted in a. Infertilitas / Sulit Hamil and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

