Q: Apa yang dimaksud dengan kehamilan di luar kandungan? Bagaimana penanganannya?

A: Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik) merupakan salah satu komplikasi serius dalam kehamilan. Biasanya terjadi pada awal kehamilan, yaitu sekitar minggu ke 6-10.
Produk kehamilan yang seharusnya berkembang di dalam rahim, ternyata berkembang di tempat yang salah, dimana tempat yang paling sering terjadinya kehamilan ektopik adalah di saluran telur (tuba falopii).
Karena dinding saluran tuba tipis, maka begitu kehamilan mulai berkembang, dindingnya tidak akan kuat dan akhirnya akan robek dan menyebabkan perdarahan. Perdarahan ini menyebabkan nyeri hebat di perut, dan dapat terjadi perdarahan internal yang dapat membahayakan jiwa.
Penanganannya adalah dengan menghentikan perdarahan dan kehamilannya. Terdapat berbagai cara, antara lain dengan operasi, dan terdapat pula metode dengan obat, namun perlu perhatian khusus karena tidak semua kehamilan ektopik dapat dilakukan penanganan dengan obat.
Untuk mencegah keterlambatan diagnosis, lakukan USG pada trimester awal kehamilan
Apa yang menyebabkan terjadinya kehamilan ektopik?
Terdapat berbagai faktor risiko, antara lain infeksi panggul sebelumnya, riwayat pernah operasi perut, pemakaian IUD, penyakit menular seksual dan berbagai faktor lain. Segera hubungi dokter kandungan anda untuk info selengkapnya

This entry was posted in a. Trimester Pertama and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s