Q: Saya melahirkan anak pertama secara caesar. Dapatkah saya mencoba persalinan normal pada kehamilan berikutnya?

A: Keputusan untuk mencoba persalinan normal setelah riwayat operasi Seksio Cesarea (SC) atau yg sering disebut sebagai VBAC (Vaginal Birth After Cesarean) memelukan berbagai pertimbangan khusus. Faktor pertimbangannya antara lain adalah : – Jarak antara kehamilan, dikatakan aman jika sudah diatas 18 bulan
– Indikasi operasi yang terdahulu
– Jenis irisan operasi yg terdahulu (anda perlu konsultasi dengan dokter atau RS yang sebelumnya)
Para dokter kandungan memiliki rumus skor dari faktor-faktor diatas untuk memutuskan aman tidaknya mencoba VBAC.
Jika memenuhi syarat, angka keberhasilannya sebenarnya cukup tinggi untuk bisa melakukan VBAC yaitu berkisar 60%.
Risiko yang paling ditakutkan adalah terjadinya ruptur atau robekan rahim di tempat sayatan terdahulu, dimana komplikasi ini mengancam keselamatan ibu dan janin, namun angka kejadiannya rendah, yaitu berkisar 1%.
Konsultasikan dengan dokter anda untuk pemilihan rencana ini dan segala pertimbangannya.

This entry was posted in d. Persalinan dan Komplikasinya and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

11 Responses to Q: Saya melahirkan anak pertama secara caesar. Dapatkah saya mencoba persalinan normal pada kehamilan berikutnya?

  1. dewi says:

    dokter, saya melahirkan anak pertama n kedua lewat operasi caesar. yg pertama waktu usia kandungan 32 minggu, saya kena gejala preklampsia, aliran oksigen berkurang ke janin, tensi semakin naik dari 140 jadi 160. yg kedua usia kandungan 38 minggu, awalnya hampir melahirkan normal, tapi saya hanya mampu bertahan pada saat pembukaan 7. lalu saya minta dioperasi saja karena sudah tidak punya tenaga lagi. jarak kehamilan pertama n kedua 2,5 th. kira2 utk anak ketiga masih ada kemungkinan bisa persalinan normal tidak dok?
    makasih banyak jawaban dokter.

    • psenoaji says:

      Selamat sore bu.. Maaf nih jawabnya agak lama, tadi seharian abis ada tindakan persalinan…
      Dalam teorinya, masih ada peluang untuk melahirkan secara normal pada ibu yang sudah menjalani 2 kali operasi SC, mengingat risiko robeknya rahim hanya 1%. Namun teori ini berasal dari literatur barat dengan segala kelebihan dari segi monitoring dan teknologi untuk pengawasan kehamilan.
      Di negara kita, kebijakan yang paling sering dianut adalah jika seorang ibu sudah pernah menjalani 2x operasi, maka pada kehamilan selanjutnya akan direncanakan untuk operasi lagi. Hal ini beralasan karena komplikasi yg bisa terjadi sangat berat (sampai dengan kematian ibu & janin) meski angka kejadiannya rendah. Selain itu keterbatasan fasilitas rumah sakit2 di Indonesia juga menjadi penghalang.

  2. erma says:

    pagi dok…
    saya juga ada pertanyaan yang sama dengan bunda dewi, sekarang saya sedang hamil yang ke 2. Anak pertama saya sekarang sudah berumur 3 thn, dulu lahir dengan proses caesar, krn kata dokter plasenta previa. sekarang saya ingin bisa melahirkan normal. kira2 bisa tidak dok? HPL anak ke 2 perkiraan akhir maret 2012.
    terima kasih sebelumnya

    • psenoaji says:

      Batas aman untuk bisa dicoba melahirkan normal adalah 18 bulan. Selain itu pertimbangan bisa tidaknya lahir normal juga ada pertimbangan lain dari pemeriksaan dokter kandungan anda, seperti adakah plasenta previa lagi, posisi janin, air ketuban dll.
      Kemudian masalah dalam persalinan juga bisa jadi penyulit yg menyebabkan anda akan mengalami operasi lagi, seperti persalinan macet, bayi terlalu besar, pecah ketuban, hamil lewat waktu.
      Selama anda tidak mengalami masalah2 di atas, maka kesempatan untuk melahirkan normal masih terbuka buat anda..
      Semoga lancar dan sehat selalu ibu dan janinnya yaa…

  3. rinto says:

    siang dokter,,saya sdg hamil anak ktiga,,dan ingin melahirkan scr normal,,sdgkan riwayat khamilan sebelumnya pd klahiran ptma sesar krn bayi sungsang,,dan jarak kehamilan kdua hnya 7 bln dr kelahiran pertama,,sebenarnya saya hmpir normal,,tapi pembukaan hnya sampai 7,karena gak nambah2 lg pembukaan rahimnya akhirnya dilakukan ssar lg..apakah saya bs melahirkan normal,,dg anak kdua saya udah usia 2.5th.trimakasih..

    • psenoaji says:

      terimakasih bun atas komennya,
      Jika seorang ibu sudah dilakukan operasi sesar 2x maka risiko utk yg ke3 kali dan seterusnya terlalu tinggi, terutama risiko terjadinya robekan rahim saat persalinan, sehingga disarankan utk dilakukan sesar pd kehamilan berikutnya

  4. met siang, dok! saat ini sy sdg hamil anak kedua. anak pertama skrg usia 22bln. anak pertama riwayat sc karena gagal induksi, pdhl ketika usia khamilan 9bln kepala sdh msuk PAP, taksiran BB janin 3,2kg. sy berdoa dan berharap sekali untuk yg kedua ini bs normal. brp persen peluangny dok? langkah apa supaya sy bs melahirkan normal untuk yg kdua ini? sbg cttn: BB sy skrg 68kg. TB 158cm. mhon jwbny. terimakasih

    • psenoaji says:

      kemungkinan utk persalinan normal setelah riwayat operasi sc (VBAC) cukup tinggi bun… diatas 60%, apalagi jika sudah diatas 18bulan… Dokter kandungan akan menilai skor VBAC utk menaksir kemungkinan keberhasilan persalinan anda… Namun tetap ada faktor2 yg harus dipenuhi dalam keberhasilan persalinan, antara lain faktor bayi (seperti ukuran, letak, posisi), faktor jalan lahir (luas panggul) dan faktor tenaga (kekuatan kontraksi)

  5. Dayu wilatita says:

    Malam Dokter,saya mau tanya apakah saya bisa melahirkan normal pada anak ke2 saya sekarang ini,pada kelahiran anak pertama saya,saya melakukan operasi karena air ketuban duluan pecah.

Leave a Reply

