Lepas KB suntik, tapi masih belum haid… Apakah bisa hamil?

Siang dokter,
Dokter, saya mau tanya. Setelah melahirkan dan selesai masa nifas saya menggunakan suntik KB 3 bulan, karena saya harus menyusui. selama menggunakan suntik kB saya tidak hjadi sama sekali sampai sekarang( saya suntik KB pertama Maret 2010). setelah saya selasai masa menyusui, berat badan saya naik, akhirnya minggu kemarin saya putuskan untuk menghentikan menggunakan KB suntik. Apakah bisa terjadi pembuahan bila belum terjadi haid? apa pembuahan setelah lepas suntik KB terjadi setelah haid datang?mohon jawabannya dokter. terima kasih.

Ya, pilihan utk melakukan KB suntik 3 bulan karena sedang menyusui memang paling tepat, karena kandungan progesteron dari KB suntik 3 bulan tdk mengganggu produksi air susu ibu, sedangkan pil KB dan suntik 1bulan mengandung estrogen yg bisa mempengaruhi produksi ASI.

Suntik KB 3 bulan memiliki efek samping tidak haid. ASI eksklusif yg anda lakukan pun akan memicu terjadi penghentian haid (amenorea laktasi). Sehingga dalam keadaan ASI ditambah suntik KB 3bulan, kondisi tidak haid ini menjadi keadaan yg wajar.

Setelah selesai menyusui dan menghentikan suntikan KB, siklus haid tdk serta merta langsung kembali normal, sehingga sangat sulit untuk menilai apakah anda sedang dlm masa subur atau tidak. Jadi bisa aja terjadi pembuahan, selama tdk ada proteksi lagi dari KB. Saran saya jika ingin stop suntik KB namun belum pengen hamil, carilah kontrasepsi lain yang non hormonal, seperti IUD/spiral atau kondom

This entry was posted in c. Kontrasepsi / Keluarga Berencana and tagged , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Lepas KB suntik, tapi masih belum haid… Apakah bisa hamil?

  1. Citra says:

    Malam Dokter,
    Saya ibu rumah tangga Θäπ pernah mengalami keguguran 2thn lalu,setelah itu sya KB suntik Ɣğ 3bulan 2x setelah itu sya stop.selama 16bulan sya belum dapat haid,saya dapat saran dari teman sya untuk KB Ɣğ suntik Ɣªήğ 1bln katany bisa memancing hormon Θäπ datang haid tpi sudah hampir 1bulan belum jga haid,
    Mohon jawabannya Dok.
    Terima kasih.
    Mohon

    • psenoaji says:

      sebaiknya periksakan dulu ke dokter kandungan untuk memastikan ada tidaknya kelainan di organ kandungan anda. jika semua normal, maka kemungkinannya adalah gangguan hormonal akibat suntikan KB 3bulan. Untuk mengembalikan siklus haid, paling disarankan adalah menggunakan pil KB selama 3bulan ini, evaluasi lagi tiap bulan

Leave a Reply

